SUNAT LASER CEPAT SEMBUH 081.335.654.303

SUNAT ASYIK

SUNAT LASER CEPAT SEMBUH DAN MURAH DI  BOJONEGORO 081.335.654.303

METODE KHITAN POLEMIK SEPANJANG MASA

Pengertian sunat adalah sebuah proses yang sesuai dengan prosedural medis yang memotong sedikit ujung preputium atau mengangkat jaringan kulit melingkar secara simetris dan presisi yang bertujuan untuk kebersihan area penis serta menjaga untuk mencegah penyakit saluran kencing, juga untuk mencegah penyakit penyerta lain. Metode sunat mengalami sebuah perjalan yang makin lama makin modern, semua bertujuan untuk sebuah kenyamanan bagi anak.

SUNAT TRADISIONAL

Pada jaman dahulu kala sunat biasa dilakukan secara tradisional, bahkan yang melaksanakan pun bukan orang yang berkompeten di dunia medis. Bahkan oleh dukun sunat dalam pelaksanaan khitan tidak menggunakan bius anti nyeri, kebayang bagaimana sakitnya belum lagi dampak yang ditimbulkan, perdarahan hingga terjadinya infeksi.

Di budaya jawa dukun sunat menggunakan “welat” sebagai alat untuk memotong nya, welat adalah serpihan bamboo tipis yang dibuat sedemikian tajamnya, habis di potong lamgsung diberi sarang laba laba kemudian dibungkus tanpa adanya suatu proses anastesi maupun obat penahan rasa nyeri. Pada Jaman dahulu sunat adalah barometer sebuah keberanian, seorang yang siap melewati dunia yang keras, karna anak yang sunat sudah berani melakukan hal yang sakit luar biasa, dipotong tanpa adanya sebuah tindakan atau obat anti nyeri terlebih dahulu, begitu naturalnya.

Di masyarakat jawa, sunat selain menjalankan syariat agama juga sebagai sebuah ritual tradisi yang kental akan budaya dan mistis. Sebelum dilaksanakan proses khitan ada ritual tertentu minta doa restu leluhur supaya si anak yang disunat tidak sakit atau mengalami hal hal yang tidak diinginkan, serta selamat hingga akhir sebuah proses.

Sebelum berangkat ke dukun sunat sebuah tradisi unik bagi masyarakat jawa, bahwa anak yang akan disunat digendong belakang oleh sesepuh, dan jangan disamakan dengan jaman sekarang, jaman dahulu sunat kebanyakan berumur diatas 15 tahun, sudah besar kebayang bagaimana capeknya nggendong belakang.

Sebuah hajatan besar di gelar untuk sebuah acara khitan anak. Sound besar besaran nanggap ndangdut atau bahkan nanggap wayang kulit sebagai barometer strata orang tua anak yang punya hajat disunat. Pesta hiburan yang ditunggu tunggu jaman waktu itu. Lain daerah lain pula istilah dan budayanya, di jawa timur istilah dukun sunat dengan sebutan calak sunat, di betawi sebutan bengkong.

SUNAT KONVENSIONAL

Istilah mantri sunat mulai bergulir ketika masyarakat sadar bahwa sunat adalah tindakan medis. Sunat konvensioanl menggunakan instrument sederhana sebagai sarana bedah minor, ada beberapa tehnik yang digunakan praktisi khitan atau dokter sunat pada metode konvensional. Metode guiletine dorsumsisi adalah metode dengan cara memotong ujung penis sebatas corona, dengan batas klam dengan posisi miring barulah di gunting atau dipotong dengan mes atau pisau bedah, tehnik ini beresiko bagi pemula karna bisa terpotong gland penisnya tanpa disadari. Tehnik sirkumsisi dengan memotong bagian tengah dulu sampai batas corona, kemudian digunting melingkar baru di jahit sebagai perekatnya jaringan kulit untuk mempercepat penyembuhan.

SUNAT ELECTRO COUTER

Dalam perkembangannya dunia sunat semakin maju semakin banyak pula metode berkembang. Di era tahun 90 an booming dengan sunat laser, anggapan masyarakat yang salah kaprah tentang sunat laser justru menjadikan metode ini berkembang pesat dan amat di gemari, baik oleh dokter sunat atau praktisi khitan maupun para orang tua anak yang disunatkan. Dalam benak pikiran masyarakat sunat laser adalah sunat dengan menggunakan sinar laser seperti film perang star wars. Anggapan yang demikian banyak diminati masyarakat waktu itu.

Sejarah nama sunat laser tidak terlepas peran sebuah industri. Alat electro couter di ringkas dan di modifikasi fortable kecil sehingga bisa di pakai di klinik sunat dan di beri label merk LASER. Pihak perusahaan menamakan laser karna identik dengan kecepatan, secepat sinar laser. Dalam dunia marketingpun akhirnya dipakailah istilah sunat laser, sunat dengan menggunakan electrocouter yang bermerk LASER.

Dan kenyataannya sunat laser amat pesat diminati bukan saja oleh dokter khitan atau praktisi khitan, tetapi juga masyarakat juga terhipnotis oleh kata laser yang identik dengan cepat sembuh dan canggih.

Ketika sudah terlanjur booming inilah para medis merasa berdosa karna menggunakan istilah yang menyesatkan. Masyarakat sudah terlanjur suka dan familier dengan sebutan sunat laser. Maka para medis pun perlahan membenarkan makna sunat electrocouter dengan sebutan sunat coter laser, perlahan masyarakat diluruskan persepsinya dengan sebutan sunat coter laser. Inilah sejarah polemic berkepanjangan istilah sunat laser.

KEUNGGULAN SUNAT LASER (COUTER)

Metode sunat coter laser tetap memerlukan proses jahit untuk mempercepat penyembuhan luka sunat nya. Dalam proses khitan, sunat laser jauh lebih cepat dibanding dengan sunat konvensional. Karna pada proses potongnya sunat laser selain berfungsi sebagai pemotong juga sebagai haemostatis penghenti perdarahan kecil. Sehingga tidak perlu ligasi untuk penghentian darah yang merembes. Penampilan yang elegant membuat prestice dari sunat laser / coter akansemakin meningkatkan nilai jual ke masyarakat. Keunggulan yang lain tentu gengsi anak meningkat dengan sebutan sunat laser.

KEKURANGAN SUNAT LASER

Meskipun punya beberapa kelebihan dan keunggulan, namun sunat laser juga ternyata punya kekurangan, antara lain hasil khitan sulit diprediksi, risiko penis terjepit dan glands yang terpotong tinggi hal ini karna pada tehnik sunat laser menggunakan tehnik guiletine  yaitu dengan menjepit pada garis corona yang sudah di marker terlebih dahulu, makanya harus yang sudah benar benar terlatih dan ahli lah yang menggunakan tehnik sunat laser, karna sunat laser menggunakan ujung besi yang membara maka bisa juga menimbulkan luka bakar, sehingga menyebabkan pembengkakkan, hingga pada area yang terpotong akan terasa panas.

Semua kekurangan metode sunat laser di antisipasi dengan pemberian obat oral anti nyeri dan anti infeksi yang bagus.

AMANKAH METODE SUNAT LASER / COUTER?

Sunat atau khitan Lebih Nyaman Berkat Adanya metode Sunat Laser. Metode sunat laser ini aman jika memang sang operator sudah benar benar menguasai tehnik dan trik trik nya. Selain pengerjaan yang cepat juga minim perdarahan.

BERAPA LAMA SEMBUH SUNAT LASER

Penyembuhan metode sunat laser relative lebih cepat asalkan tidak ada penyulit sunat penyerta yang lain, misal fimosis. Karna pada kasus femosis terjadi perlukaan pada gland penis nya karna terjadinya perlengketan, dan luka fimosis adalah luka diluar luka sunat itu sendiri.

KESIMPULAN

Sunat laser adalah metode sunat yeng menggunakan electrocouter sebagai alat perlengkapannya dan berupa seperangkat alat potong bedah yang dimodifikasi sedemikian rupa sehingga bisa digunakan secara fortable ke rumah sunat atau klinik sunat,yang berupa kumparan dan menghasilkan bara panas pada ujungnya yang kemudian digunakan sebagai sarana pemotong nya. Sunat laser bukan seperti sinar laser.

Salam sehat

Wisma Khitan Sehat

081.335.654.303

085.73.505.9090

www.khitanbojonegoro.com

www.wismakhitansehat.com

www.infokhitan.com      

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DAFTAR/KONSULTASI